Minggu, 24 Juni 2012

Inilah Daftar Makanan Pembersih Gigi dan Mulut


Menjaga kebersihan mulut penting untuk kesehatan secara menyeluruh. Menyikat gigi dan memainkan benang gigi saja kadang tak cukup. Demi hasil maksimal, cobalah mengkonsumsi produk makanan yang memiliki efek pembersih gigi alami.

"Makanan-makanan itu tak hanya baik untuk kesehatan dan kebersihan gigi, tapi juga mulut. Dan kita tahu, kebersihan mulut mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan," kata Dr Karishma Jaradi, dokter spesialis kecantikan gigi, dikutip Times of India.

Selain wortel, brokoli, kembang kol, dan mentimun, berikut sejumlah makanan yang juga memiliki efek menjaga kebersihan mulut:

1. Apel
Menyantap apel baik untuk gusi dan gigi karena memiliki efek menyingkirkan bakteri di mulut. Sembari mengurangi asupan gula, coba ganti kebiasaan menyantap camilan tak sehat dengan apel. Dijamin, ini akan memperkuat gigi.

2. Jeruk
Tahukah Anda bahwa vitamin C kunyah dapat menyebabkan hilangnya enamel gigi? Karena itu, perbanyak konsumsi jeruk untuk meningkatkan kadar vitamin C yang membantu penyerapan zat besi serta meningkatkan kesehatan gigi dan gusi.

3. Poduk susu
Cobalah keju. Dengan kandungan karbohidrat yang rendah serta kalsium dan fosfat tinggi, keju baik untuk kesehatan gigi. Keju membantu menyeimbangkan tingkat pH di mulut, menghasilkan air liur, mempertahankan dan membangun kembali enamel gigi, serta membunuh bakteri yang menyebabkan gigi berlubang dan penyakit gusi.

Bisa juga yogurt. Dengan kandungan asam laktat tinggi, yogurt dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan gigi. Para ahli percaya bahwa protein yang terkadung mampu melawan asam berbahaya yang menyebabkan gigi berlubang.

4. Seledri
Seledri memproduksi banyak air liur, yang bermanfaat melawan bakteri di mulut. Seledri juga memiliki efek baik pada gusi dan membantu membersihkan celah di antara gigi.

5. Sari kacang hijau
Produk makanan ini juga memiliki efek pembersih mulut yang baik. Kandungan asam malic, enzim yang juga ditemukan dalam anggur, di dalamnya membantu mengatasi noda membandel di gigi. Efektif mempertahankan warna gigi yang cemerlang.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Recent Comment

 
Support : Blogger | Johny Template | Fauzan Ozan 1 St
Copyright © 2011. Fauzan Ozan 1St - All Rights Reserved
Template Created by Fauzan Anwar Fikri Published by Fauzan Ozan 1 St
Proudly powered by Blogger