Selasa, 26 Juni 2012

Rumah Pohon Kreatif


Pernah bermimpi punya rumah pohon? Saat kecil mungkin kita pernah memimpikannya, atau setidaknya bagi yang suka panjat-panjat pohon. Mungkin tidak sepenuhnya berbentuk rumah sungguhan, sekedar untuk duduk-duduk saja mungkin pernah dibuatkan oleh ayah kita. Ternyata jika ditangani oleh profesional, rumah pohon mungkin bukan hanya dibuat untuk main-main saja melainkan bisa sebagai tempat tinggal juga.




Sebuah rumah desain di Jerman mencoba menjadikan fantasi masa kecil itu menjadi kenyataan dengan desain-desain rumah pohonnya dalam berbagai bentuk dan ukuran.



Tiap rumah-rumah pohon ini didesain bisa dikustomisasi mengikuti perspektif alam areanya. Hasilnya dari rumah pohon sederhana untuk ruang istirahat dan tidur secukupnya hingga yang kompleks, terisolasi, dengan pemanas dan ruang terang dengan dapur mininya, dan fasilitas nyaman lainnya. Bahkan cocok digunakan untuk sebuah club house hingga sebuah resort.


Beberapa di antaranya ditopang oleh bagian pohonnya atau pohon-pohon di sekelilingnya, tapi sebagian besar terutama menggunakan tali-tali, kaki-kaki, dan penopang lainnya yang membuatnya tidak bertopang pada struktur pohon sehingga bisa mengurangi pengaruh negatif pada pohon setelah kontruksi.




Beberapa hanya merupakan struktur satu lantai, yang lainnya memiliki dek-dek atau bertingkat dan bisa meliputi satu atau lebih pohon sesuai kebutuhan.


Tidak seperti konstruksi rumah biasa, konstruksi rumah pohon harus dibuat dengan hati-hati mengingat adanya gerakan-gerakan pada pohon dan juga terutama lokasinya yang berada di ketinggian.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Comment

 
Support : Blogger | Johny Template | Fauzan Ozan 1 St
Copyright © 2011. Fauzan Ozan 1St - All Rights Reserved
Template Created by Fauzan Anwar Fikri Published by Fauzan Ozan 1 St
Proudly powered by Blogger