Jumat, 29 Juni 2012

10 Raja Paling Kaya di Dunia



1. Raja Bhumibol Adulyadej


Raja Bhumibal Adulyadej adalah raja terkaya di dunia menurut majalah Forbes. Ia adalah seorang raja dari negara Thailand dan kekayaannya ditaksir senilai 30 milyar US dollar. Ia juga merupakan raja tertua di kawasan Asia Tenggara. Dia tercatat sebagai raja yang paling lama memerintah dalam sejarah negeri Thailand. Dia menggunakan kekayaannya dalam proyek-proyek pembangunan pedesaan di negerinya. Raja ini memegang rekor karena memiliki gelar kehormatan dari Universitas paling banyak di dunia, yakni sebanyak 136 gelar.

2. Sultan Haji Hassanal Bolkiah


Sultan Haji Hassanal Bolkiah adalah penguasa kerajaan terkaya di dunia saat ini. Dia adalah Sultan Brunei ke 29 dan kekayaannya diperkirakan sebesar 20 milyar US dollar. Dia mengoleksi 3000 hingga 6000 mobil mewah di garasi istananya, istana Nurul Iman, yang merupakan kediaman resminya. Istananya diketahui merupakan istana terbesar di dunia, jauh lebih besar dari istana di Vatikan sekalipun. Ketika selesai dibangun, istana ini menghabiskan biaya sebesar 350 juta US dollar, dan memiliki 1788 kamar dan 257 kamar mandi.

3. Raja Abdullah Bin Abdul Aziz Al-Saud


Raja Abdullah Bin Abdul Aziz Al-Saud adalah seorang penguasa kerajaan Arab Saudi dengan kekayaan yang diperkirakan sebesar 18 milyar US dollar. Raja Abdullah Bin Abdulaziz berusia 83 tahun dan kini semakin kaya karena hasil dari pertambangan minyak serta gas dan tentunya dari hasil pendapatan penyelenggaraan haji.

4. Sheikh Khalifa bin Zayed Al-Nahyan


Sheikh Zayed Al Nahyan adalah presiden Uni Emirat Arab dan raja dari Kerajaan Abu Dhabi. Berumur 59 tahun dan nilai kekayaannya diperkirakan lebih dari 15 milyar US dollar. Kerajaannya mempunyai sepersepuluh dari cadangan minyak di seluruh dunia, jadi sudah sewajarnya jika ia memiliki kekayaan sebesar ini. Kediaman resminya adalah Istana Amiti.

5. Sheikh Mohammed bin Rashid Al-Maktoum


Sheikh Mohammed bin Rashid Al-Maktoum adalah Chief Executive Officer dari Uni Emirat Arab. Tinggal di Dubai dan berusia 57 tahun, kekayaannya diperkirakan sebesar 4,5 milyar US dollar.

6. Pangeran Hans-Adam II


Pangeran Hans-Adam II adalah seorang pangeran sebuah negara kecil di kawasan Eropa bernama Liechtenstein. Dengan usia 62 tahun, ia akan segera mewarisi sebuah dinasti kaya yang telah berusia 900 tahun. Diperkirakan bahwa ia mempunyai kekayaan senilai 3,5 milyar US dollar. Dia biasanya akan menghabiskan waktunya untuk mengumpulkan karya seni dan juga mengelola beberapa kerajaan bisnis yang didirikan oleh keluarganya. Istana yang dimilikinya memiliki arsitektur bergaya gothic kuno, dengan gerbang masuk istana setinggi 11 meter

7. Raja Mohammed IV of Morocco


Raja Mohammed IV berasal dari Maroko dan masih cukup muda dengan usianya yang 44 tahun. Dikatakan bahwa ia adalah milyarder kerajaan termuda di dunia. Kekayaan pribadinya diperkirakan sebesar 2,5 milyar US dollar. Kekayaan sebesar ini didapat karena negaranya menguasai pasokan fosfat dunia, dimana Maroko menghasilkan dua pertiga dari jumlah total fosfat yang dihasilkan dunia. Istana yang dimilikinya dikenal dengan taman-tamannya yang indah dan gerbang utamanya yang sangat megah.

8. Sheikh Hamad bin Khalifa Al-Thani


Sheikh Hamad bin Khalifa Al-Thani adalah Emir Qatar dengan kekayaan yang diperkirakan sebesar 2,4 milyar US dollar. Berusia 55 tahun dan dikenal di seluruh dunia pernah menggulingkan ayahnya 10 tahun lalu. Qatar merupakan negara yang memiliki cadangan minyak yang luas serta negara yang paling banyak mempunyai cadangan gas alam di dunia. Selain dikenal karena jasanya mengembangkan sumber daya minyak bumi dan gas alam. Ia juga termashyur karena kontribusinya memodernisasi angkatan bersenjata negaranya. Istananya terletak di Doha tapi dia sendiri tidak menempatinya. Istana tersebut digunakan untuk kegiatan parlementer dan juga menerima tamu negara.

9. Pangeran Albert II of Monaco


Pangeran Albert II adalah penguasa kerajaan Monaco. Berumur 49 tahun, kekayaannya diperkirakan sebesar 1 milyar US dollar. Pangeran yang satu ini diketahui sebagai satu-satunya kepala negara di dunia yang pernah mengunjungi kutub utara. Dia juga menjabat sebagai Global Advisor di Orphans International. Istananya dibuka untuk publik selama musim panas. Di istananya seringkali diadakan acara seperti dari konser terbuka hingga pesta Natal anak-anak. Di istana itu juga terdapat galeri seni bergaya Italia dan juga banyak ruang pameran megah lainnya. Ruang singgasananya akan mengingatkan kita pada jaman Renaissance.

10. Pangeran Aga Khan


Pangeran Aga Khan (71 tahun) adalah seorang pemimpin spiritual muslim Ismaili dengan kekayaan yang ditaksir sekitar 800 juta US dollar. Aga Khan mengetuai Aga Khan Development Network yang mempunyai investasi di berbagai proyek pembangunan di Asia dan Afrika. Dia mendonasikan istananya pada India tahun 1969 untuk menghormati Mahatma Gandhi dan filosofi pengikut Gandhi. Istananya terletak di Pune, India, dan dibangun pada tahun 1892. Tujuan didirikannya istana Aga Khan adalah untuk menyediakan lapangan pekerjaan bagi orang setempat yang sedang dilanda paceklik.


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Recent Comment

 
Support : Blogger | Johny Template | Fauzan Ozan 1 St
Copyright © 2011. Fauzan Ozan 1St - All Rights Reserved
Template Created by Fauzan Anwar Fikri Published by Fauzan Ozan 1 St
Proudly powered by Blogger