Rabu, 27 Juni 2012

Mobil-mobil Bertenaga Angin


Sudah baca posting mobil terbang ? Nah, yg satu ini mobil bertenaga angin yang ditenagai oleh baling-baling. Tentu saja yang ini memang tidak dirancang terbang. Melainkan ditujukan untuk dipakai jalanan seperti halnya mobil-mobil umumnya. Hanya saja kurang populer karena pengoperasiannya yg tidak mudah, keselamatan kurang, boros dan berisik. Tapi bisa memilikinya adalah satu hal yg sangat luar biasa.


Kenapa memasang baling-baling di mobil ? Ya karena Anda bisa ! Karena Anda ngga butuh transmisi, kopling, dan rem. Karena Anda dapat memanfaatkan tenaga angin dan mesin pesawat bertenaga besar, traksi yg besar dan tidak perlu mengkhawatirkan roda slip atau terjebak di lumpur atau salju.

Beberapa dari mobil-mobil ini bahkan saat ini terlihat dioperasikan di pameran-pameran. Kebanyakan model mempunyai akselerasi yg rendah, dengan kecepatan maksimum yg bagus (hingga 170km/jam), boros, dan bising dari baling-baling. Tapi semua ini tidak menghalangi kebanggaan untuk memilikinya.



Di awal tahun 1900-an ada beberapa kendaraan militer yang bentuknya sedikit gila; yg ini adalah sebuah "Sizaire-Berwick Wind Wagon" buatan tahun 1905 (dan beberapa model lainnya yg tidak diberi nama)




Count Bertrand de Lesseps mendemonstrasikan Auto Aero-nya pada tahun 1912:



Insinyur berkebangsaan Perancis Marcel Leyat membuat banyak "Helica", mobil-mobil bertenaga baling-baling buatan 1913 - 1926 (dibuat 30, dua diantaranya masih ada saat ini). Beberapa model mempunyai baling-baling yg terbuka, tak terlindungi, bagus untuk menyingkirkan sagala yang menghalangi jalannya. Sementara model-model yang lain ada yang dipasangi pelindung kayu.




Di bawah ini adalah gambar-gambar mobil aneh yang luar biasa.



Beberapa Helica dibuat untuk dipacu, dan satu versi bahkan meraih rekor untuk kecepatan di trek balap Montlhery pada tahun 1927 dengan 170km/jam.




Yg ini si baby Helica kecil.



Beberapa Helica yang masih ada saat ini terlihat masih lebih hebat di antara mobil-mobil lainnya (bahkan dibandingkan dengan mobil sport).

Helica buatan 1922 yg kondisinya masih bagus (pemilik: Jean-Francois Bouzanquet) masih bisa ditemui di jalanan Perancis.



Jika semuanya tidak berfungsi, copot rodanya dan masih bisa digantung di monorel.



Tahun 1930 dan Kebangkitan Mobil Berbaling-baling
Ada yg menarik dari ide mobil baling-baling streamline untuk Jerman. Ini adalah Maybach Experimental, dengan mesin pesawat 7 silinder radial dipasang di punggungnya.



"Helicron" (1932) - satu contoh yg menarik ditemukan belum lama ini di Perancis tersembunyi di sebuah gudang. Sudah selesai diperbaiki, mesin 4-tak 2 silinder yg asli diganti dengan mesin 4 silinder berpendingin air dari Citroen GS (baling-balingnya dirangkai langsung ke crankshaft). Sudah dipertimbangkan mengenai keselamatannya untuk jalanan di Perancis dan mampu mencapai top speed 75km/jam.




Model tahun 1932 yg satu ini keliatan jelek tapi bisa dikebut hingga 80km/jam.



Ide-ide Moderen yang Menghidupkan Mobil Baling-baling

Dave Major dan "Aero Car"-nya. (Info)




Aero car 2 (dinamai Mobil "Propellor") - gambar lainnya di sini.





Messerschmidt berbaling-baling




Satu yg cantik: "Taylor AeroCar III" (1965)



AeroCar Argentina (ditenagai mesin 6 silinder dari Chevrolet) bahkan dipertimbangkan untuk diproduksi massal di California 1995 (info). Baling-baling yg sepenuhnya terbuka secara serius akan menyingkirkan pejalan kaki (customer potensial) di California, sehingga rencana ini tidak pernah direalisasikan.



Di Rusia, lebih dari seratus mobil salju bertenaga baling-baling Sever dibuat tahun 1960, berbasiskan mobil tua "Pobeda".



Kendaraan penarik bertenaga angin buatan Jerman membantu eksplorasi Arctic



Versi streamline yg jarang, termasuk sebuah "Road Zeppelin" yg aneh dari desainer Iowa:



Atau lihat mobil-angin buatan 1985 ini yg baru-baru ini dijual di eBay seharga US 10.000 dollar (info).



"Chimera" adalah kendaraan konsep taktis yg dibuat untuk operasi-operasi khusus (misi penyusupan). Info di sini.



Sepeda-sepeda Berbaling-baling

Sepeda berbaling-baling ini buatan mahasiswa MIT Damon Vander Lind. Barang unik ini akan membawa Anda ke mall dan bisa saja terbang ke atas jika tidak hati-hati.



Yang ini lebih konvensional atau lebih aneh, tergantung yg lihat - sepeda bertenaga baling-baling, diangan-angankan di tahun 1936:

Benda yg satu ini tidak hanya akan membunuh pejalan kaki, tapi juga anjing yg melompatinya.

Satu ide yg sama, sepeda Alessandro Anzani, salah satu model yg pertama, dibuat tahun 1906.



Yang satu ini cuma bisa bikin sinis:



Yang ini juga:



Benda hybird satu ini terlihat di Huntsville, Alabama (baling-balingnya dipasang di belakang, hanya saja kecil).


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Recent Comment

 
Support : Blogger | Johny Template | Fauzan Ozan 1 St
Copyright © 2011. Fauzan Ozan 1St - All Rights Reserved
Template Created by Fauzan Anwar Fikri Published by Fauzan Ozan 1 St
Proudly powered by Blogger