Jumat, 29 Juni 2012

Hal-hal Unik dan Menarik di Indonesia


Indonesia memang terkenal sampai ke manca negara karena alamnya yang indah, keberagaman budaya, kekayaan flora dan fauna. Berikut ini hal – hal menarik dan unik di Indonesia:
  1. Ikan Purba di Indonesia – Raja Laut (Coelacanth Latemaria)



    Indonesia adalah negara dengan banyak pulau yang diapit oleh Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Biota laut yang hidup diperairan Indonesia sangat beraneka ragam dan belum terungkap seluruhnya. Tetapi pada 19 Mei 2007, ditemukan ikan Raja Laut (telah dianggap punah 65 juta tahun silam) di sekitar Pantai Malalayang, Manado, Sulawesi Utara. Ikan yang dikategorikan sebagai ikan purba ini dikenal dengan sebutan Coelacanth (Coelacanth latemaria). Penemuan ikan purba ini merupakan penemuan yang kedua setelah yang pertama pada tahun 1998 di Pantai Manado Tua. Ikan Raja Laut ini memiliki ukuran panjang 130 cm, lebar 46 cm dengan bobot sekitar 50 kg. Coelacanth pertama kali muncul sekitar 400 juta tahun silam dalam bentuk fosil. setelah sekitar 70 juta tahun lalu, ikan ini dianggap tidak ditemukan lagi, sehingga para ahli menduga ikan itu telah punah. Ikan purba ini panjangnya bisa mencapai 2 m dengan berat 100 kg. Ikan ini tidak bertelur, tapi melahirkan anak. Para ilmuwan menduga ikan ini sanggup hidup sampai 100 tahun.
  2. Ular terpanjang di Indonesia


    Ular Piton alias Sanca Kembang
    Ular terpanjang di Indonesia - Piton alias Sanca Kembang
    Sanca kembang atau lebih dikenal dengan nama Piton adalah sejenis ular tak berbisa yang berukuran besar. Ukuran terbesarnya dipercaya dapat melebihi 10 M, lebih panjang dari anakonda(Eunectes). Nama-nama lain dari Sanca kembang adalah Ular Sanca, Ular sawah, Sawah-n-etem(Simeulue) atau ular petola (ambon). Ular Python reticulates sepanjang 10 M dapat ditemukan di sulawesi dan menjadikannya Ular terpanjang di Indonesia.
  3. Ikan terkecil di Indonesia


    Ikan Terkecil
    Ikan Terkecil
    Salah satu ikan terkecil di Indonesia ditemukan di rawa-rawa berlumpur Sumatera. Panjangnya sekitar 7,9 mm ketika dewasa atau kurang lebih sebesar nyamuk. Tubuh ikan ini transparan dan tidak mempunyai tulang kepala. Jadi kemungkinan menemukannya akan sulit.
  4. Reptil tertua di Indonesia


    binatang purba - komodo
    Komodo
    Dinosaurus Merupakan binatang purba yang sudah lama punah. Hanya beberapa binatang purba saja yang masih hidup di Indonesia. Salah satunya Komodo yang hidup di pulau komodo, Nusa Tenggara timur. Komodo ini adalah kaadl yang paling besar di Indonesia, bahkan di dunia. Panjangnya dipercaya dapat mencapai 3M dan bertanya 90 kg.
  5. Primata Terkecil di Indonesia


    Primata Terkecil di Indonesia - Tarsius Pygmy
    Tarsius Pygmy
    Ada banyak jenis primata di indonesia dengan berbagai ukuran. Primata terkecil di Indonesia adalah Tarsius Pygmy, sangat berbeda dengan primata lainnya. Ukuran tubuhnya sangat kecil dengan berat hanya 50 g. Mata dan telinga Tarsius besar dan menjadi ciri khasnya. Tarsius juga memiliki keunikan lain, yaitu kemampuannya untuk melakukan putaran kepala hingga 180 derajat.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Recent Comment

 
Support : Blogger | Johny Template | Fauzan Ozan 1 St
Copyright © 2011. Fauzan Ozan 1St - All Rights Reserved
Template Created by Fauzan Anwar Fikri Published by Fauzan Ozan 1 St
Proudly powered by Blogger