Jumat, 29 Juni 2012

10 Film Hollywood yang Menyentil Indonesia


 

1. The Kingdom


Film ini bercerita tentang aksi terorisme di Arab Saudi, disitu diceritakan pula tentang ancaman aliran dana group radikal yang mengalir ke Jakarta.

2. The Sweetest Thing


Dalam film drama psikologi ini, Cameron Diaz mengeluh karena teman-temannya selalu saja membuat ulah dan mengacau. Dengan enteng dia berkomentar, “Kalian ini bikin kacau saja seperti Indonesia”. Selain itu, ketika Christina Applegate masuk apartemen dan melihat apartemennya berantakan. Christina mengatakan “this place is a mess like Indonesia”.

3. Sleeper Cell


Serial TV ini bercerita tentang Darwyn Al-Sayeed, seorang muslim Afrika-Amerika yang bekerja sebagai agen FBI. Tugas Darwyn adalah mengusut kasus terorisme yang dilakukan organisasi teroris pimpinan Faris Al-Farik. Diceritakan, dalam episode Target dan Scholar, Darwyn berurusan dengan tokoh mahasiswa Indonesia bernama Eddy Pangestu (Jeff Mallare). Eddy digambarkan sebagai ahli biologi kimia yang direkrut Faris Al-Farik untuk membuat virus anthrax yang disebar di Amerika. Menariknya, salah satu adegan menggambarkan Faris menuduh Eddy menyelundupkan virus tersebut ke Indonesia untuk dikirimkan ke pamannya, seorang gangster lokal. Jadi dalam film ini, Indonesia digambarkan sebagai sarang teroris.

4. The Silence Of The Lambs


Dalam film thriller psikologi yang dibintangi Jodie Foster ini terdapat adegan dimana pada sweater orang yang diculik oleh kanibal itu tertulis “MADE IN INDONESIA”.

5. The West Wing


Sebuah serial tv yang bersettingkan gedung putih, dengan tokoh Presiden Amerika Serikat fiktif President Bartlett (Martin Sheen) beserta stafnya. Salah satu episodenya menceritakan tentang kesibukan gedung putih dalam menerima kunjungan presiden Indonesia (tentu fiktif juga) namanya Siguto (mungkin maksudnya Sugito). Dari awal film ini Indonesia terus dijelek-jelekkan, contohnya saja kalimat “Hati-hati jangan bikin orang indonesia tersinggung, atau kepalamu akan dipenggal dan diarak keliling kota”. Digambarkan juga bahwa orang Indonesia adalah bangsa yang bodoh dan tak bisa berbahasa Inggris. Diceritakan disini staff gedung putih kebingungan mencari translator karena mereka sebut Indonesia speaks in 300 different languages, dan dibilang bahwa Indonesia tidak memiliki bahasa nasional.

6. The Year Of Living Dangerously


Film ini berkisah tentang seorang wartawan yang dikirim untuk bertugas di Jakarta pada tahun 1965-1966. Saat itu, Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Soekarno sedang mengalami krisis politik dan ekonomi.Tak heran, situasi Jakarta digambarkan sangat kacau, lengkap dengan embel-embel penduduk yang merana karena kelaparan. Dimeriahkan oleh akting dari Mel Gibson dan Sigourney Weaver. Syutingnya sendiri dilaksanakan di Bangkok, karena tidak diijinkan pemerintah di Jakarta. Akibatnya meski ada beberapa dialog menggunakan Bahasa Indonesia, namun karena aktornya adalah orang bangkok, maka ucapannya terdengar aneh di telinga. Adegan yang paling terkenal yaitu sewaktu teman Mel Gibson, Billy Kwan menggantung spanduk di Hotel Indonesia dengan tulisan "SOEKARNO FEED YOUR PEOPLE". Jadi, dalam film ini, Indonesia digambarkan sebagai negara penuh konflik.

7. Lethal Weapon 4


Dalam salah satu adegannya, Danny Glover memaki-maki dengan mimik khasnya, “Kapal bodoh ini dibuat oleh seorang yang berasal dari Indonesia”. Ceritanya imigran China yang diselundupkan dengan kapal tersebut yang diatasnamakan sebuah perusahan di Indonesia.

8. In God's Hands


Film ini menceritakan tentang para peselancar dari Hawai ke Bali. Waktu itu ada peselancar muda dari Amerika yang ingin mencoba semua ombak yang ada di dunia. Saat itu di Bali, terdapat adegan dimana mereka tertangkap oleh polisi Indonesia, dan mereka akhirnya dilepaskan dengan cara menyogok polisi tersebut.

9. Looking For Jackie


Film yang menceritakan anak indonesia keturunan China fans berat Jackie Chan hingga akhirnya berhasil bertemu dengan sang idola. Anak ini memiliki sikap khas Indonesia, dimana diceritakan ia sering melangar aturan diantaranya saat menerobos satpam dan kabur dari rumah orang tuanya.

10. House


Dalam sebuah adegan dalam film seri ini, sang dokter House digambarkan sedang mengobati anak yang sedang sakit parah. Kemudian dokter tersebut berkata kira-kira begini, “anak sakit parah begini tinggalnya pasti di Indonesia”.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Recent Comment

 
Support : Blogger | Johny Template | Fauzan Ozan 1 St
Copyright © 2011. Fauzan Ozan 1St - All Rights Reserved
Template Created by Fauzan Anwar Fikri Published by Fauzan Ozan 1 St
Proudly powered by Blogger