Senin, 25 Juni 2012

Neraka di Jalan Raya


Aneh tapi nyata, jalan raya di Rusia ini ketika musim panas dan curah hujan sedang tinggi berubah menjadi lautan lumpur yg tidak bisa dilewati bahkan bisa mengubur "hidup-hidup" kendaraan kecil.


Jalan raya M56 Lena atau jalan raya Amur-Yakutsk - jalan raya di negara bagian di Republik Sakha (Yakutia), Russia, menghubungkan Yakutsk dengan daerah selatan. Namanya diambil dari Sungai Lena yg megalir dari utara ke selatan Siberia. Sebenarnya, dengan Yakutsk yg terletak di tepi barat Lena, dan jalan ini berada di sepanjang tepi timur, jalan raya ini memotong di Nizhny Bestyakh, tempat bermukim 4000 orang di seberang Yakutsk di tepi timur Lena.



Jalan ini panjangnya 1212 kilometer membentang dari selatan ke utara. Dibangun bertahap antara tahun 1925 dan 1964. Meskipun tergolong jalan raya kelas satu di negara bagian, kenyataannya tidak seperti yg dibayangkan.




Ketika membeku di musim dingin, permukaan jalan ini menjadi mulus, dan yg lewat disini bisa memacu kendaraanya hingga 70km/jam. Tapi ketika musim panas dan curah hujan sedang tinggi jalan ini berubah menjadi lautan lumpur yg tidak bisa dilewati bahkan bisa mengubur "hidup-hidup" kendaraan kecil.




Foto-foto ini diambil beberapa hari sebelum terjadi kemacetan yg melibatkan 600an mobil yg terjebak di sini. Menurut para saksi, kelaparan dan kehabisan bahan bakar menjadi akibat yg tidak bisa dielakkan. Seorang wanita hamil terpaksa melahirkan bayinya di atas bis umum yg sedang ditumpanginya.







Kru jalan raya takut mendekati lokasi karena pada peristiwa sebelumnya mereka menjadi sasaran kemarahan orang-orang yg terjebak di situ selama berhari-hari. Orang-orang itu sampai membuka paksa truk-truk yg berada di situ untuk mencari makanan dan pakaian hangat.








Bahan bakar, makanan, alat pemadam kebakaran, besi penderek sangat dibutuhkan selama hari hujan di jalan raya Lena ini.

Melewati jalan ini di musim panas ketika salju telah meleleh sepertinya adalah satu ide yg bodoh. Tetapi pihak berwenang bahkan tidak pernah berniat untuk menggunakan jalan raya Lena ini pada musim panas. Di musim panas Yakutsk hanya dapat dicapai dengan menaiki feri.







Jalan ini berhenti di sisi yg salah dari Yakutsk dan tidak ada jembatan di Republik Sakha yg menyberangi sungai Lena yg lebar itu.

Satu jembatan baru akan dibuat 40km di selatan Yakutsk Tengah antara tahun 2009 hingga 2013, dengan dua jalur diatasnya sepanjang kurang lebih 3km.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Recent Comment

 
Support : Blogger | Johny Template | Fauzan Ozan 1 St
Copyright © 2011. Fauzan Ozan 1St - All Rights Reserved
Template Created by Fauzan Anwar Fikri Published by Fauzan Ozan 1 St
Proudly powered by Blogger