Jumat, 29 Juni 2012

10 Pemimpin Militer paling Sukses di Dunia


 

Ada banyak pria yang telah mencapai keberhasilan besar melalui pengetahuan dan aksi militer mereka. Tapi hanya beberapa pemimpin militer jenius yang benar-benar dapat dianggap sebagai pemimpin militer terbesar yang pernah ada di dunia. Berikut daftar 10 Pemimpin Militer paling Sukses di Dunia.

1. Cyrus Agung


Cyrus Agung adalah pendiri Kekaisaran Achaemenid Persia setelah menaklukkan Median, Lydian dan Kekaisaran Neo-Babilonia. Kekaisarannya membentang di tiga benua. Tidak seperti banyak kaisar lainnya, kekaisarannya bertahan lama setelah kematiannya karena infrastruktur politik yang ia ciptakan. Dia dianggap oleh banyak orang lebih besar dari Alexander Agung dalam pencapaian prestasinya.

2. Alexander Agung


Alexander Agung menaklukkan banyak wilayah dunia pada usianya yang baru 30 tahun. Dia meremukkan Kekaisaran Persia yang pernah begitu digjaya, mengalahkan tentara Darius III yang jumlahnya jauh lebih besar pada pertempuran Issus, dan mempengaruhi penyebaran budaya Helenistik di seluruh kekaisarannya. Alexander dikenal menguasai penggunaan teknik tempur dengan formasi phalanx untuk tentara-tentaranya.

3. Julius Caesar


Julius Caesar mengambil kendali mutlak Republik Romawi dan tentaranya. Ia mengalahkan para optimates yang dipimpin oleh Pompey di Perang Sipil, dan mengalahkan Galia, yang dipimpin oleh Vercingetorix yang telah menyatukan Galia untuk melawan Romawi, di pertempuran Alecia selama Perang Gallics. Dia akhirnya dibunuh oleh Brutus.

4. Napoleon Bonaparte


Napoleon adalah Jenderal selama Revolusi Perancis. Dia akhirnya mengambil kendali mutlak kekuasaan di Republik Perancis sebagai Kaisar Perancis. Dia juga menjadi Raja Italia, Mediator Konfederasi Swiss dan Pelindung Konfederasi Rhine. Dia juga masih sempat mereformasi pemerintah dan perekonomian di pulau Elba ketika dia diasingkan di sana.

5. Hannibal Barca


Hannibal menginvasi Kekaisaran Romawi melalui Alps. Dia mengalahkan Romawi dalam serangkaian pertempuran di Trebia, Trasimene dan Cannae. Tidak pernah kalah selama di medan perang menuju Romawi, dia berhasil mempertahankan pasukan Kartago-nya di Italia selama lebih dari satu dekade setelah Perang Punic Kedua. Ia dianggap sebagai salah satu ahli strategi militer terbesar yang pernah ada, bahkan musuhnya, Romawi, akhirnya mengadopsi beberapa taktik yang dimiliki Hannibal untuk mereka gunakan sendiri.

6. Ghengis Khan


Ghengis Khan adalah pendiri Kekaisaran Mongolia, kekaisaran terbesar dalam sejarah. Kekaisaran Mongolia menduduki sebagian besar Asia Tengah. Dia mencapai prestasinya ini dimulai dengan menyatukan banyak suku-suku nomaden di timur laut Asia lalu menyerbu sebagian besar wilayah di Cina yang strategis dan seluruh Asia. Kekaisaran Mongolia juga menduduki Eurasia dan sebagian besar Eropa Timur, Asia Tengah dan Timur Tengah. Ghengis Khan berhasil melancarkan kampanye sukses terhadap Xia Barat dan dinasti Jin serta Kekaisaran Khwarezmid melalui intelijen dan taktik militer yang sangat baik.

7. Adolf Hitler


Hitler memimpin Nazi Jerman dan Axis Powers dalam menduduki sebagian besar benua Eropa dan sebagian benua Asia dan Afrika. Ia mengalahkan dan menaklukkan Prancis yang didukung oleh Amerika Serikat, Inggris dan Rusia selama Perang Dunia II. Tentaranya mendapatkan banyak kemenangan melalui penguasaan taktik militer yang sangat dahsyat, yaitu Blitzkrieg. Hitler akhirnya kalah perang dalam perang dan memutuskan untuk bunuh diri.

8. William Sang Penakluk


William Sang Penakluk memimpin invasi Norman ke Inggris, dimana ini adalah merupakan terakhir kalinya Inggris berhasil ditaklukkan oleh kekuatan asing. Tentaranya mengalahkan tentara Inggris pada pertempuran Hastings. Perlawanan yang dilakukan oleh Inggris tampak sia-sia sehingga ia dapat dengan mudah mengambil kendali Inggris dan mulai memerintah. Dia juga membuat banyak perubahan penting pada budaya tradisional Anglo-Saxon Inggris.

9. Attila the Hun


Attila the Hun adalah pemimpin Kekaisaran Hun yang membentang dari Asia Tengah sampai ke Jerman. Dia adalah salah satu musuh yang paling ditakuti oleh kekaisaran Romawi Timur dan Romawi Barat. Attila juga terkenal karena kekejamannya. Dia menginvasi Balkan dua kali dan terus maju sampai ke Gaul.

10. Georgy Zhukov


Georgy Zhukov memimpin Tentara Merah di Uni Soviet ketika membebaskan diri dari pendudukan Jerman, dan ketika maju memukul mundur Jerman dan akhirnya menjatuhkan Berlin selama Perang Dunia II. Dia adalah salah satu pahlawan yang paling dikenang dalam sejarah Rusia dan Uni Soviet. Setelah jatuhnya Jerman, Zhukov menjadi komandan pertama dari zona pendudukan Soviet di Jerman.


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Comment

 
Support : Blogger | Johny Template | Fauzan Ozan 1 St
Copyright © 2011. Fauzan Ozan 1St - All Rights Reserved
Template Created by Fauzan Anwar Fikri Published by Fauzan Ozan 1 St
Proudly powered by Blogger