Selasa, 26 Juni 2012

Rumah Bergerak (Mobile Homes)


Dengan adanya ancaman pemanasan global (global warming) dewasa ini dan mulainya era baru migrasi massal dari kota-kota pantai, selalu mobile (bergerak) adalah ide yang cemerlang dan boleh dibilang gaya hidup di masa yang akan datang. Untuk mereka yang ingin selalu siap pergi kemana saja dengan keluarga dan seisi rumahnya mungkin desain-desain mobile home unik ini bisa dijadikan pilihan. Buat orang Indonesia yang punya tradisi mudik, cocok banget.



1. Rolling Stone Home

Nice Architects yang berbasis di Slovakia ini punya ide bagus untuk mobile-homers masa depan: The Rolling Stone Eco-Capsule. Rumah mobile ini dibuat dengan konsep yang ramah lingkungan, bertenaga mandiri, dan sosoknya lumayan keren .

2. Konsep Caravan "Cubist" yang Cantik

Buat yang gak suka model klasik, rumah mobile dari Harvest Gold ini tampak lebih menarik. Berarti "multi-sel" dalam bahasa Jerman, karavan konsep Mehrzeller ini memaksimalkan space interior dengan menampilkan eksterior poligon organik yang mencerminkan kristal-kristal mineral alami. Karavan Mehrzeller ini berasal dari Graz, Austria, kota kelahiran "Gubernator" California, Arnold Schwarzenegger.

3. Ford Airstream

Konsep Airstream dari Ford ini akan menyuguhkan konsep teknologi dengan sel bahan bakar hidrogen yang ramah lingkungan sekaligus stylish dengan warna silvernya, tentu saja dengan membawa nama besar Ford, mengembalikan kejayaan tenaga hidrogen yang dulu pernah diabaikan.

4. Trailer yang Bisa Dilipat

Desainer asal Jerman, Niels Caris, menciptakan the Foldoub Trailer, trailer yang bisa "dilipat". Ditarik (digandeng), parkir, lalu tekan tombol, dan keseluruhan kit ini akan membuka seperti desain rumah pop-up. Sayangnya the Foldoub Trailer ini gak punya dapur, kamar mandi, atau tempat penyimpanan memadai. Bakal jadi masalah untuk bepergian yang terlalu jauh. Tapi kalo dibawa mudik lewat pantura yang ramai, sih, gak masalah.

5. Memaksimalkan Area 252°

Wahana "The 252° Living Area" ini diciptakan oleh desainer asal Perancis, Stephanie Bellange. Cukup mungil untuk bisa digandeng dengan Honda Jazz atau Suzuki Swift, trailer 3-roda ini akan melar dengan sendirinya saat lapisan luarnya dibuka, diikuti dengan bagian-bagian interiornya. Mirip bunga yang lagi mekar.

6. Buat yang Suka Berkemah


The Colim Modular Camper, adalah sebuah mobil, trailer, sekaligus rumah bergerak. Parkir saja di bumi perkemahan, lalu muter-muter sejenak dengan modul covertible kendaraan roda-duanya. Interiornya yang kebanyakan dari bahan organik indah secantik eksteriornya. Didesain ramah lingkungan dan bertenaga mandiri dengan panel surya di atapnya dan mesin hybird dibalik bodinya.

7. Luxury Teardrop Trailer

The T@B XL, mengambil konsep teardrop trailer klasik tapi dengan sentuhan kemewahan baru. Dibuat oleh Knaus Tabbert. Cuma harganya yang mahal mencapai US$60K. Duh...

8. Mobile Home dari GM

Rumah bergerak yang didesain oleh General Motors Advanced Design Group ini sepertinya menunjukkan sebenarnya perusahaan ini tidak sedang bangkrut - setidaknya melihat desainnya yang provokatif ini. GMC PAD ini punya 6 roda, sosoknya seperti mobil raksasa. Ditenagai oleh mesin hybird elektrik-diesel dan teknologi memanage sumber tanaga yang inovatif memastikan kecukupan bahan bakar dan ketersediaan air hingga seminggu, bahkan sebulan!

9. Tumblin’ Tumbleweed Homes

Perusahaan The Tumbleweed Tiny Home punya barang bagus. Rumah mungil yang sempurna ini punya roda, jadi secara "hukum" ini adalah trailer perjalanan dan harusnya gak butuh IMB.

10. Karavan Kapsul


The Capsule Caravan, mungkin mirip permen M&M yang obersized, didesain oleh desainer asal Inggris, David Tonkinson. Trailer bebentuk seperti telur ini dibuat dengan menggabungkan konsep kenyamanan dan layanan yang unik untuk membuat manusia dan mesinnya terpisah. Cocok buat nonton konser musik di tempat yang jauh, kalo kemalaman kapsul ini akan menjadi tempat istirahat yang lebih nyaman daripada di dalam mobil. Salah satu desain karavan yang paling unik.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Comment

 
Support : Blogger | Johny Template | Fauzan Ozan 1 St
Copyright © 2011. Fauzan Ozan 1St - All Rights Reserved
Template Created by Fauzan Anwar Fikri Published by Fauzan Ozan 1 St
Proudly powered by Blogger