Jumat, 29 Juni 2012

10 Hal yang Dapat Anda Lakukan di ATM selain Menarik Uang


 

Ketika teknologi ATM mulai digunakan, transaksi perbankan menjadi lebih cepat dan efisien. Tiba-tiba, kita menjadi mudah untuk mendapatkan uang tanpa harus menulis cek atau berdiri lama di antrian. Menurut Asosiasi Industri ATM, setidaknya terdapat sekitar 49 triliun transaksi yang terjadi melalui ATM setiap tahunnya di seluruh dunia.Oleh karena itu, beberapa bank sekarang sedang membangun peralatan yang memungkinkan pelanggan lebih mudah dalam menggunakan rekening mereka melalui ATM, tidak hanya melulu penarikan uang saja. Berikut 10 Hal yang Dapat Anda Lakukan di ATM selain Menarik Uang.

1. Membeli Koin Emas dan Emas Batangan



ATM yang dapat mengeluarkan koin emas dan emas batangan sekarang sudah dapat dijumpai di banyak negara-negara di Eropa dan Timur Tengah. Sebuah perusahaan bernama PMX Gold baru-baru ini membuat sebuah mesin ATM yang bekerja mirip dengan mesin penjual otomatis bernama "Gold to Go" di Town Center Mall di Boca Raton. Setiap 90 detik, mesin ini akan memeriksa harga emas teraktual dan menyesuaikan nilai tukarnya.

2. Memantau Penarikan Bulanan Anda


Baru-baru ini, Wells Fargo memperkenalkan sebuah tombol pada antarmuka ATM-nya yang memungkinkan pelanggan untuk memasukkan target jumlah penarikan bulanan mereka. Setiap kali mereka mengambil uang, sistem akan memberitahu mereka seberapa dekat mereka dengan target penarikan tersebut. Jika pelanggan melakukan penarikan melebihi jumlah target, tentu saja mereka masih bisa mendapatkan uang, karena sistem ini hanya bertugas mengingatkan dan bukan membatasi anda. Dengan sistem ini, pelanggan dapat melihat tidak hanya berapa banyak mereka telah menarik uang pada bulan tersebut, tetapi mereka juga bisa mendapatkan rata-rata jumlah penarikan uang yang dilakukan dalam 12 bulan terakhir.

3. Melakukan Simpanan


Sistem baru ini mungkin adalah salah satu yang inovasi yang paling akrab dengan kita para pengguna ATM di Indonesia. Daripada harus mengisi slip kemudian mengantri lama untuk melakukan deposit, anda sekarang dapat langsung memasukkan tumpukan uang anda langsung ke dalam mesin yang akan mencatatnya ke dalam rekening anda.

4. Mencegah Perampokan


Sejak dilaporkan adanya perampokan terhadap pelanggan ATM, bank-bank telah berusaha dengan keras mencegah pencurian semacam ini. Mereka telah menambahkan pencahayaan, kios ATM yang tertutup, kamera keamanan dan bahkan penjaga keamanan untuk mencegah orang dengan pistol mencari kesempatan. Tapi dalam beberapa tahun terakhir, perampok telah berhasil menggasak uang sebanyak $ 1 miliar dalam kurun waktu satu tahun tanpa pernah menodongkan pistol. Mereka mencuri kartu dan menaruh kamera di atas bantalan PIN untuk mendapatkan nomor ID pelanggan.

Karena kejahatan telah menjadi lebih canggih sekarang, maka metode yang digunakan untuk menghalangi mereka juga harus lebih canggih lagi. Sebuah perusahaan menawarkan sebuah sistem yang akan membuat slot kartu bergetar untuk mencegah skimmer mengumpulkan catatan informasi magnetis. Beberapa bank juga menggunakan metode sederhana yaitu meminta kru pemeliharaan mesin ATM mereka untuk memeriksa apakah ada kamera yang menggantung di atas bantalan PIN.

5. Melihat Iklan


Salah satu saat yang paling ditunggu-tunggu bagi konsumen adalah saat menunggu keluarnya uang. Sambil menunggu uang, anda dapat mempelajari tentang layanan bank lainnya yang ditawarkan oleh bank anda. Jika anda memiliki anak, kemungkinan anda akan melihat iklan tentang rekening simpanan untuk biaya perguruan tinggi. Hal ini adalah iklan yang sangat berguna, karena merupakan interaksi langsung ke individu perorangan. Bank tahu banyak data tentang anda, dan mereka bisa menawarkan layanan yang cocok bagi anda. Siapa yang tahu apa yang akan terjadi ke depannya. Bahkan, kita mungkin bisa menonton TV atau mengecek e-mail saat kita menunggu transaksi yang sedang diproses nantinya.

6. Meningkatkan Cash Flow bagi Bank


Dengan metode baru untuk menyimpan uang tunai ke dalam ATM pada poin nomor 3 di atas, beberapa bank menggunakan sistem untuk memutar dan menggunakan uang tunai tersebut untuk transaksi penarikan. Sistem ini dapat memangkas biaya dan meningkatkan keamanan, dan sudah digunakan secara luas oleh bank-bank di Russia dan China. Keuntungan yang didapat, jika bank dapat memutar ulang uang tunai yang ada di mesin mereka, bank tidak lagi harus melakukan pengiriman truk lapis baja yang memuat uang yang akan diisikan ke dalam ATM.

7. Membeli Tiket Lotere


Sebuah perusahaan di Mississippi telah mulai memproduksi ATM yang tidak hanya akan mengeluarkan tiket lotere, tetapi juga dapat mengakses rekening bank pemegang kartu ATM untuk membayar lotere tersebut. Mesin ini secara acak akan memilih nomor lotere, dan memperlihatkan nomor lotere kepada penggunanya. Dalam siaran pers, perusahaan yang memproduksi ini, yaitu Triton Systems, memuji kemampuan mesin untuk meningkatkan pendapatan tanpa meningkatkan waktu yang dihabiskan oleh pelanggan untuk berdiri di antrian.

8. Membayar Biaya Tambahan


Jika anda pergi ke suatu ATM selain ATM Bank anda untuk mendapatkan uang, maka anda harus membayar biaya tambahan untuk mendapatkan uang tersebut. Namun, hal ini telah menjadi perangkat pemasaran yang hebat bagi bank. Hal ini merupakan salah satu cara bank-bank besar memberitahu konsumen mereka betapa beruntungnya mereka menjadi pelanggan di bank mereka yang memiliki jaringan ATM yang sangat luas.

9. Membayar Tagihan untuk Sanak Saudara di Negara Lain


Dengan gagasan bahwa banyak imigran Amerika Serikat yang mengirimkan milyaran dollar setiap bulannya ke tempat asal mereka di luar AS, Tio Networks baru-baru ini meluncurkan kemitraan yang akan memungkinkan orang untuk menggunakan ATM di Amerika Serikat untuk membayar tagihan untuk kerabat mereka di Amerika Latin.

10. Menggunakan Smart Phone sebagai "Kartu" ATM


Tampaknya, di masa depan, memasukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM akan menjadi metode yang usang. Dengan semakin luasnya pengguna Smart Phone, ponsel pintar ini dapat menjadi "dompet" yang baru. Daripada menempatkan kartu anda ke dalam mesin untuk mengidentifikasi diri anda, anda cukup menunjukkan handphone anda di depan mesin ATM. Di Philadelphia, anda sudah dapat melakukan deposit melalui telepon anda. Rekening anda, bersama dengan identitas dan preferensi anda semuanya akan dikemas ke dalam perangkat seluler anda.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Recent Comment

 
Support : Blogger | Johny Template | Fauzan Ozan 1 St
Copyright © 2011. Fauzan Ozan 1St - All Rights Reserved
Template Created by Fauzan Anwar Fikri Published by Fauzan Ozan 1 St
Proudly powered by Blogger