Jumat, 08 Juni 2012

Pesta Pembukaan Euro 2012, Perpaduan Olahraga dan Budaya Eropa




 National Stadium di Warsawa, Polandia, tempat pembukaan Euro 2012





[WARSAWA] Pesta sepakbola Eropa atau Piala Eropa segera digelar pada Jumat (8/6) di Polandia dan Ukraina. Upacara pembukaan yang meriah sudah disiapkan panitia penyelenggara. National Stadium yang terletak di Warsawa, Polandia terpilih sebagai diselenggarakannya pesta pembukaan yang akan dilanjutkan dengan laga kick-off Yunani kontra Polandia yang tergabung dalam Grup A.  

Pesta pembukaan hanya berlangsung selama 20 menit. Namun, berbagai atraksi telah disusun dengan matang agar meninggalkan kesan kepada 150 juta pasang mata yang diperkirakan akan menyaksikan acara tersebut di berbagai penjuru dunia. Tentunya melalui tayangan televisi.  

Pemimpin event organizer Filmmaster Events Marco Balich dipercaya sebagai otak kreatif yang merancang pesta pembukaan itu. Balich sudah tidak asing lagi dengan pesta olahraga karena dialah yang menjadi produser pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2006 di Turin, Italia. Balich sudah memutar isi kepalanya untuk mendesain acara mengagumkan.  

“Kami akan fokus mempersembahkan event bersejarah dan unik, merayakan sepak bola di Polandia dan Ukraina dengan menyampaikan nilai-nilai UEFA mengenai kesatuan, rivalitas dan semangat.  Kami ingin menyentuh hati warga Polandia dan semua orang yang akan memiliki kesempatan mengikuti event ini,” kata Balich.  

Seperti dilansir situs UEFA, pesta pembukaan akan mengkombinasikan olahraga, teknologi, dengan budaya dan nilai-nilai Eropa. Ini memiliki arti khusus mengingat Polandia dan Ukraina memiliki cerita panjang dalam perpolitikan Eropa, khususnya ketika Perang Dunia II. Namun, kisah kelam masa lalu kini dilupakan dan dua negara itu siap menyongsong harapan.  

Pesta pembukaan di Polandia akan memanjakan penggemar sepakbola dengan budaya Eropa. Itu tercermin dari dipercayanya pianis musik klasik asal Hungaria, Adam Gyorgy untuk unjuk gigi dengan memainkan Chopin Etude di minor (Op.25 Nr.11). Aksi musisi yang baru kembali dari konsernya di New York City itu bertujuan memperkenalkan musik klasik ke dunia olahraga. Perpaduan sportivitas dan budaya menjadi pemanis yang diharapkan bisa diingat penonton.

“Musik dan terutama penampilan Adam (Gyorgy), ditujukan untuk   menyentuh hati orang-orang. Keinginan kami membuat orang-orang semakin antusias  dengan ajang ini, seperti yang kami rasakan untuk mempersiapkan acara ini,” kata Balich.  

Pesta pembukaan juga dimeriahkan oleh DJ asal Italia, DJ Karmatronic. Ia akan memainkan lagu gubahannya bersama Gyorgy yang berjudul The Game of the World.   Selain itu, sebanyak 800 penampil sukarelawan dari 63 negara juga ambila bagian. Tidak hanya itu saja, 75 anggota paduan suara dari Akademi Paduan Suara Universitas Warsawa juga akan membawakan lagu kebangsaan Polandia dan Yunani. 

Antusiasme masyarakat untuk menyaksikan langsung pesta pembukaan dan pertandingan Piala Eropa 2012 sudah terlihat. Adapun UEFA menyediakan 1,4 juta tiket mulai dari pesta pembukaan hingga penutupan. Dalam data UEFA, pembeli terbanyak merupakan warga Polandia dan Ukraina.  

Harga tiket Piala Eropa 2012 berkisar antara 30-600 Euro. Untuk pesta pembukaan dan pertandingan pembuka, di National Stadium Warsawa, harga tiketnya sesuai dengan kelas. Kelas satu dihargai 250 Euro, kelas dua 140 Euro, kelas tiga 45 Euro. Adapun harga tiket pertandingan final di Kiev, Ukraina seharga kategori satu 600 Euro, kategori dua 330 euro, dan kategori tiga 50 Euro.  

Dari Kiev dilaporkan  Presiden Ukraina Viktor Yanukovych meminta rakyanya untuk memberi sambutan yang hangat kepada semua pengunjung negara itu selama Piala Eropa 2012 berlangsung. Pernyataan itu disampaikan di tengah menghangatnya isu rasisme dalam pertandingan sepakbola dan kritik atas penahanan mantan perdana menteri negara itu yang juga tokoh oposisi pemerintah, Yulia Tymoshenko.  

Viktor Yanukovych dalam pidato yang disiarkan melalui tayangan televisi pada Kamis (7/6) waktu setempat memuji keberhasilan negaranya dalam mempersiapkan turnamenn ini. Dia juga memuji keberhasilan negaranya dalam membangun jalan, stadion, dan bandar udara untuk Piala Eropa 2012 ini. "Tunjukan keramahan, sikap menghargai dan persahabatan dari kita, orang-orang Ukraina," ucapnya.  

Yanukovych mendapat kritik atas pemenjaraan Yulia Tymoshenko yang pernah menjadi Perdana Menteri Ukraina selama tujuh tahun. Pemenjaraan itu dikecam oleh negara-negara Eropa Barat, termasuk Uni Eropa. Para pejabat Uni Eropa dan juga Inggris menolak hadir pada pertandingan pertama Piala Eropa 2012 di Ukraina sebagai bentuk protes atas kasus Tymoshenko tersebut. [Y-8/A-21]

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Comment

 
Support : Blogger | Johny Template | Fauzan Ozan 1 St
Copyright © 2011. Fauzan Ozan 1St - All Rights Reserved
Template Created by Fauzan Anwar Fikri Published by Fauzan Ozan 1 St
Proudly powered by Blogger