Senin, 02 Juli 2012

10 Penemuan yang Merubah Dunia

Fauzanozan1st.blogspot.com - Nah kali ini ane  punya informasi seputar 10 Penemuan yang Merubah Dunia, karena penemuannya itu emang sangat bermanfaat bagi manusia di bumi. Emang iya kan so?

1. Roda


Sebelum penemuan roda di tahun 3500 SM, manusia sangat terbatas dalam hal mengangkut sesuatu. Gerobak beroda akhirnya ditemukan dan dapat memfasilitasi transportasi barang pertanian dan perdagangan ke dan dari pasar, serta meringankan beban orang yang bepergian untuk jarak yang jauh. Sekarang, roda sangat penting untuk cara hidup kita, ditemukan dalam segala hal dari kendaraan sampai pesawat.

2. Paku


Tanpa kuku, peradaban pasti akan runtuh. Penemuan ini berasal dari lebih dari 2.000 tahun yang lalu saat periode Romawi Kuno setelah manusia memiliki kemampuan untuk membentuk logam. Sebelumnya, struktur kayu harus dibangun dengan proses konstruksi yang jauh lebih sulit. Sementara itu sekrup, yang merupakan pengembangan dari paku, diduga telah diciptakan oleh Archimedes, seorang sarjana Yunani di abad ketiga SM

3. Kompas


Pelaut kuno menavigasikan kapalnya dengan cara melihat gugusan bintang-bintang, tetapi metode ini tidak dapat dipakai pada siang hari atau pun saat malam berawan, jadi metode ini merupakan metode yang tidak aman untuk pelayaran yang jauh dari daratan. Orang China menemukan kompas pertama pada suatu waktu antara abad ke-9 dan ke-11 yang terbuat dari batu magnet. Segera setelah itu, teknologi ini menyebar ke Eropa dan Arab melalui penjelajahan laut. Kompas memungkinkan pelaut untuk menavigasi kapalnya dengan aman ketika jauh dari daratan, sehingga dapat meningkatkan perdagangan.

4. Mesin Cetak


Seorang berkebangsaan Jerman bernama Johannes Gutenberg menemukan mesin cetak sekitar tahun 1440. Mesin cetak buatannya ini meningkatkan banyaknya buku bisa dibuat, dan dengan demikian menyebabkan penyebaran cepat dan luas pengetahuan untuk pertama kalinya dalam sejarah. Dua puluh juta buku telah dicetak di Eropa Barat pada tahun 1500.

5. Mesin Pembakaran Internal


Dalam mesin ini, pembakaran bahan bakar melepaskan gas dengan temperatur tinggi, yang kemudian akan menggerakkan piston. Dengan demikian, mesin pembakaran mengubah energi kimia menjadi kerja mekanik. Mesin mengantar peradaban menuju ke Era Industri, serta memungkinkan penemuan berbagai macam mesin, seperti mobil dan pesawat.

6. Telepon


Meskipun beberapa penemu melakukan karya pionir pada transmisi suara elektronik (banyak di antaranya kemudian mengajukan tuntutan hukum kekayaan intelektual ketika penggunaan telepon menjadi marak), Alexander Graham Bell adalah yang pertama diberikan hak paten untuk telepon listrik pada tahun 1876. Penemuan ini dengan cepat merevolusi bisnis dan komunikasi global dan komunikasi.

7. Bola Lampu


Ketika anda hanya memiliki cahaya alami, produktivitas menjadi terbatas hanya untuk siang hari. Bola lampu mengubah dunia dengan memungkinkan kita untuk aktif di malam hari. Menurut sejarawan, dua lusin orang berperan dalam menciptakan lampu pijar sepanjang tahun 1800, Thomas Edison dikreditkan sebagai penemu utama karena ia menciptakan sistem pencahayaan yang sepenuhnya fungsional, termasuk generator dan kabel serta bola lampu filamen karbon, pada tahun 1879. Ketika listrik mulai diperkenalkan di seluruh dunia Barat, penemuan ini juga memiliki konsekuensi agak tak terduga dari perubahan pola tidur orang.

8. Penisilin


Ini adalah salah satu kisah penemuan yang paling terkenal dalam sejarah. Pada tahun 1928, ilmuwan Skotlandia bernama Alexander Fleming memperhatikan bahwa bakteri akan mengisi penuh cawan petri di laboratorium ketika tutupnya sengaja dibuka. Sampel tersebut kemudian terkontaminasi dengan jamur, dan dimana jamur tersebut ada, bakteri akan mati. Jamur antibiotik tersebut adalah jamur Penicillium, dan selama dua dekade berikutnya, ahli kimia memurnikan dan mengembangkan Penisilin, yang dapat melawan sejumlah besar penyakit infeksi bakteri pada manusia tanpa merugikan manusia sendiri.

9. Alat Kontrasepsi


Kontrasepsi alami dan herbal telah digunakan selama ribuan tahun. Kondom mulai dipakai pada abad ke-18, sedangkan kontrasepsi oral (pil KB) paling awal diciptakan pada akhir 1930-an oleh seorang ahli kimia bernama Russel Marker. Tidak hanya pil KB, kondom dan bentuk-bentuk lain dari kontrasepsi memicu revolusi seksual di negara berkembang dengan memungkinkan pria dan wanita untuk berhubungan seks dengan tujuan rekreasi (bersenang-senang) dan bukan untuk prokreasi (menghasilkan keturunan). Alat kontrasepsi juga telah secara drastis mengurangi jumlah rata-rata anak-anak per wanita di negara-negara yang menggunakannya. Dengan jumlah yang lebih sedikit untuk diberi makan, keluarga modern dapat mencapai standar hidup yang lebih tinggi dan dapat memberikan hidup yang lebih baik untuk setiap anak. Sementara itu, pada skala global, kontrasepsi membantu populasi manusia secara bertahap menjadi lebih stabil. Kontrasepsi tertentu, seperti kondom, juga dapat mencegah penyebaran penyakit menular seksual.

10. Internet


Sistem global jaringan komputer yang saling berhubungan yang dikenal sebagai Internet digunakan oleh milyaran orang di seluruh dunia. Banyak orang yang membantu mengembangkan, tapi orang yang paling sering dikreditkan dengan penemuan Internet adalah ilmuwan komputer Lawrence Roberts. Pada tahun 1960, sebuah tim ilmuwan komputer yang bekerja untuk Departemen Pertahanan AS ARPA (Advanced Research Projects Agency) membangun sebuah jaringan komunikasi untuk menghubungkan komputer dengan badan tersebut, yang disebut ARPANET. Jaringan tersebut menggunakan metode transmisi data yang disebut "packet switching" yang dikembangkan Roberts berdasarkan pekerjaan sebelumnya sebagai ilmuwan komputer.
 

Sekian dulu ya... Nanti ane kasih informasi yang banyak lagi dech... tapi jangan lupa like And follownya ya guys... Dan satu lagi komentarnya ya gan..
 

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Recent Comment

 
Support : Blogger | Johny Template | Fauzan Ozan 1 St
Copyright © 2011. Fauzan Ozan 1St - All Rights Reserved
Template Created by Fauzan Anwar Fikri Published by Fauzan Ozan 1 St
Proudly powered by Blogger