Minggu, 01 Juli 2012

10 Kuil Paling Menakjubkan di Asia


Tidak ada benua lain di planet ini yang memiliki begitu banyak kuil seperti Asia. Hal ini mungkin tidak mengejutkan karena Asia merupakan tempat kelahiran sebagian besar agama-agama utama di dunia serta kepercayaan lainnya. Sejumlah agama, termasuk Buddhisme, Hindu, Jainisme, Sikhisme, dan Taoisme, adalah inspirasi untuk beberapa kuil yang paling terkenal di dunia.

1. Kuil Lotus


Dikenal sebagai Kuil Lotus karena bentuknya yang seperti bunga, dan merupakan rumah ibadah paling terkenal dari kepercayaan Baha'i. Bentuk kuil seperti kelopak teratai dibentuk oleh 27 marmer yang disusun dalam tiga kelompok untuk membentuk sembilan sisi. Sejak dibuka pada tahun 1986, bangunan ini telah menjadi salah satu bangunan yang paling banyak dikunjungi di Delhi.

2. Kuil Ranakpur


Didedikasikan untuk Adinatha, Kuil Jain di Ranakpur berdiri dengan anggun di atas lereng bukit. Kuil ini ditopang oleh lebih dari 1.444 pilar marmer, yang masing-masing diukir secara rinci dan indah. Semua pilar-pilar berukir ini berbeda dan tidak ada dua pilar yang sama. Pembangunan kuil ini melambangkan penaklukan Tirthankara dari empat arah mata angin. Penanggalan dari kuil ini cukup kontroversial, tapi diperkirakan dibangun antara abad 14 dan pertengahan abad 15.

3. Taktsang Dzong


Terletak di tepi tebing di ketinggian 900 meter, Biara Taktsang yang berarti "Sarang Macan", menciptakan pemandangan yang mengesankan dan merupakan simbol tidak resmi negara Bhutan. Memerlukan waktu sekitar 2-3 jam untuk mendaki dari tempat parkir sampai ke kuil ini. Biara asli dibangun pada abad ke-17 tetapi sebagian dari bangunan hancur dalam kebakaran tragis pada tahun 1998. Sejak itu kuil tersebut telah susah payah dikembalikan ke bentuknya semula.

4. Kuil Emerald Buddha


Wat Phra Kaew atau Kuil Emerald Buddha adalah kuil terkenal yang terletak di lingkungan Grand Palace, Bangkok. Bangunan utamanya yaitu Ubosoth, yang di dalamnya terdapat Buddha Emerald. Sebuah patung batu giok yang dihiasi dengan pakaian emas, dan merupakan salah satu patung Buddha tertua dan paling terkenal di dunia.

5. Kuil Langit


Kuil Langit di Beijing dianggap sebagai Kuil Tao. Candi ini dibangun 1406-1420 selama pemerintahan Kaisar Yongle, yang juga membangun Kota Terlarang di Beijing. Tidak hanya pemandangan yang indah, kuil ini juga dikelilingi oleh taman umum yang luas tempat populer yang digunakan penduduk setempat untuk berlatih tai chi di pagi hari dan pada akhir pekan.

6. Paviliun Emas


Kinkaku-ji atau Kuil Paviliun Emas adalah daya tarik wisata paling populer di Kyoto. Paviliun ini awalnya dibangun sebagai sebuah villa bagi Shogun Ashikaga Yoshimitsu pada abad ke-14 akhir, lalu diubah menjadi kuil Zen oleh putranya. Sayangnya, paviliun ini dibakar pada tahun 1950 oleh seorang biarawan muda yang ingin memiliki paviliun tersebut. Lima tahun kemudian, kuil ini dibangun kembali sebagai salinan yang asli.

7. Harmandir Sahib


Harmandir Sahib, lebih dikenal sebagai Kuil Emas adalah daya tarik utama di Amritsar, dan tempat keagamaan yang paling penting bagi Sikh. Konstruksi kuil oleh Guru Ram Dast pada abad ke-16 dan disempurnakan oleh penggantinya Guru Arjan. Pada abad ke-19, Maharaja Ranjit Singh menutupi lantai atas kuil dengan emas, yang memberikan penampilan yang khas. Kuil ini selalu penuh dengan ribuan peziarah dari seluruh India.

8. Baalbek


Baalbek adalah sebuah situs arkeologi yang spektakuler terletak di timur laut Lebanon. Dari abad ke-1 SM dan selama dua abad, orang-orang Romawi membangun tiga kuil sini yaitu Jupiter, Bacchus dan Venus. Diciptakan untuk menjadi kuil terbesar di kekaisaran Romawi, kuil Jupiter ditopang oleh 54 kolom granit besar yang masing-masing setinggi 21 meter. Hanya 6 yang tersisa dari kolom ini yang masih tetap berdiri hari ini. Kuil yang masih dalam keadaan relatif baik di situs ini adalah kuil yang dibangun pada tahun 150, yaitu kuil Bacchus.

9. Candi Borobudur


Terletak di pulau Jawa Indonesia, 40 km barat laut Yogyakarta, Borobudur adalah candi Budha terbesar dan paling terkenal di Indonesia. Borobudur dibangun selama sekitar 75 tahun di abad ke-8 dan ke-9 oleh kerajaan Syailendra. Sekitar 2 juta blok batu diperkirakan dipergunakan untuk membangun candi ini. Candi ini sempat ditinggalkan pada abad ke-14 karena alasan yang masih tetap misteri dan selama berabad-abad tersembunyi dalam hutan di bawah lapisan abu vulkanik.

10. Angkor Wat


Angkor Wat yang berarti "Kota Kuil" adalah sebuah kompleks kuil yang luas di Angkor, dibangun untuk Raja Suryavarman II pada abad ke-12 sebagai kuil negara dan ibu kota kerajaannya. Kuil Angkor berdiri di atas permukaan yang ditingikan dan terdiri dari tiga galeri persegi yang semakin meninggi menara sentral. Kuil ini adalah satu-satunya kuil di Angkor yang tetap menjadi pusat keagamaan sejak pembangunannya. Kuil ini pertama kali digunakan sebagai sebuah kuil Hindu dan kemudian digunakan sebagai sebuah kuil Buddha.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Recent Comment

 
Support : Blogger | Johny Template | Fauzan Ozan 1 St
Copyright © 2011. Fauzan Ozan 1St - All Rights Reserved
Template Created by Fauzan Anwar Fikri Published by Fauzan Ozan 1 St
Proudly powered by Blogger