Minggu, 01 Juli 2012

10 Cara dan Langkah-Langkah Membuat Biji Kopi Luwak


1. Siapkan bahan yaitu buah kopi yang sudah masak.


2. Petik buah tersebut, pilih buah kopi yang benar-benar masak. Berikan kepada luwak untuk dimakan, luwak akan memilih jenis biji kopi yang benar-benar masak, berkualitas bagus, dan yang paling tua atau yang paling manis.


3. Setelah proses di atas tentunya diharapkan biji kopi yang tidak dapat dicerna oleh luwak keluar bersama kotoran luwak.


4. Cuci biji kopi dengan air yang mengalir, sampai benar-benar bersih, proses ini biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Cuci hingga didapatkan biji kopi yang masih terbungkus kulit tanduk yang berwarna putih kekuning-kuningan.


5. Keringkan biji kopi untuk mengurangi kadar air. Hal ini ditujukan agar proses pengelupasan kulit tanduk pada biji kopi lebih mudah.


6. Selanjutnya lakukan pengelupasan kulit tanduk, bisa dilakukan cara tradisional dengan menumbuknya tidak terlalu kuat, yang terpenting kulitnya mengelupas.


7. Pisahkan biji kopi yang terkelupas dan biji kopi yang masih mengandung kulit tanduk, hasilnya biji kopi berkulit ari yang berwarna putih keperakan.


8. Hilangkan kulit ari biji kopi dengan cara di cuci berulang-ulang sampai benar-benar bersih, dan buang biji kopi yang terapung.


9. Tiriskan biji kopi yang telah bersih dan jemur sampai benar-benar kering.


10. Biji kopi luwak yang terkenal enak karena cita rasanya pun telah siap.


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Recent Comment

 
Support : Blogger | Johny Template | Fauzan Ozan 1 St
Copyright © 2011. Fauzan Ozan 1St - All Rights Reserved
Template Created by Fauzan Anwar Fikri Published by Fauzan Ozan 1 St
Proudly powered by Blogger